Selasa, 06 November 2012

Jangan gunakan laptop tanpa baterai

Hai shobat Cutezt,,,
jumpa lagi di blog sahabatcut, kali ini saya akan ngasih info tentang bahaya dari menggunakan laptop tanpa baterai alias langsung dari adaptor listrik...

Di jaman sekarang yg serba modern ini, laptop merupakan perangkat penting untuk menunjang aktivitas kita, apalagi utk para pelajar juga mahasiswa. Disaat kita sedang asyik dengan laptop tiba-tiba harus berhenti karena baterai habis, dan kemudian mengharuskan kita utk segera men-chargenya, ganggu banget khan shob...??
Namun opini lain mengatakan jika kita mengunkan laptop sambil men-chargenya maka akn membuat baterai kita kembung & akan lebih cepat drop.Namun ada juga pendapat lain mengatakan jika kita menggunakan laptop langsung dari adaptor listrik tanpa menggunakan baterai akan merusak perangkat-perangkat yg terdapat pada laptop. Hmmm.... jadi bingung juga ya shoob,, "terus musti gimana doonk?" hehehe

Sebenarnya ke-2  hal tsb diatas ga' ada salahnya ko'shob,, tapi perlu shobat ketahui jika kita menggunakan laptop tanpa baterai dan langsung dari adaptor listrik, justru berakibat lebih fatal, karena listrik akan langsung masuk ke hardward tanpa melakukan penyesuain tenaga, sehingga hardward akan menerima kelebihan tenaga listrik dan akan mempercepat kerusakan pada laptop shobat... :)
Karena fungsi lain dari baterai selain menyimpan daya, juga dapat menyesuaikan arus yg masuk dari adaptor listrik ke komponen laptop agar daya arus yg masuk tidak berlebihan. Selain itu jika terjadi pemadaman listrik PLN saat kita menggunakan laptop tanpa baterai, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. :)
jadi shob, mendingan baterainya yg rusak daripada mootherbooard dan hardisk yg haranya lebih mahal dibanding baterai. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar